Minggu, 20 Agustus 2017

Mengenal Forklift

hai hai hai sobat pembaca..kali ini ane akan mengenalkan salah satu alat berat yang bisa di bilang unyu-unyu..tapi walaupun kecil tapi tenaga nya wuiiihh,,,sangat di butuhkan di area sempit dengan daya angkat sampai ber ton-ton..ngeriiiiiiiiiiiiiii..

oke ane langsung GAS yaaa WUUUUUUZZZZZ...
perkenalkan alat berat tersebut dinamakan FORKLIFT....
Apakah ituuuuu???
Forklift atau sering disebut juga forklift truck adalah suatu alat yang terdiri dari badan (body) dan perlengkapan kerja (work equipment) yang digunakan untuk memuat (loading) dan menurunkan muatan (unloading), terutama pada daerah yang sempit.

Susunan Produk Forklift

Forklift terdiri atas tiga tipe utama, yaitu:  Forklift diesel, Forklift gasoline, dan Forklift battery.



Gambaran Umum Forklift  

  Forklift diesel/gasoline











1. Mask
2. Lift chain
3. Lift cylinder
4. Back rest
5. Finger bar
6. Fork

7. Head lamp
8. Turn signal
9. Overhead guard
10.  Rear lamp
11.  Tilt cylinder
12.  Counterweight
13.  Hood
14.  Front wheel
15.  Rear wheel







  Forklift battery 





Perlengkapan Kerja  

Terdapat beberapa macam perlengkapan kerja yang digunakan pada sebuah Forklift, diantaranya 
sebagai berikut. 


  Side shifter 
Dengan attachement ini dimungkinkan fork bergerak ke arah samping tanpa harus menggeser posisi forklift.Dengan demikian akan meningkatkan efisiensi terutama pada penggunaan di gudang container, yard atau dipabrik pabrik.  






  Load stabilizer 
Load stabilizer terdiri atas pressure plate pada standar  fork. Attachment ini akan menjaga kemungkinan jatuhnya material yang diangkut karena ketidak stabilan atau rapuhnya material tsb pada waktu traveling.  Ini akan menambah faktor safety pada waktu mengangkat botol,peralatan presisi ataupun barang yang mudah pecah.  


  Drum clamp 
Terdiri  dari  sepasang   clamp  melengkung  yang  sangat sesaui untuk membawa drum.  Attachment ini dirancang secara khusus untuk mengangkut berbagai drum, produk oli,cat, minyak , kimia tinta, lem, baik drum isi ataupun kosong.  




  Bale clamp 
Reach fork dilengkapi dengan  reach length untuk fork dan backrest. Digunakan terutama pada  warehouse dimana ruangannya sangat sempit atau cargo penyimpanan yang susah dijangkau. 






  Hinged fork 
Hinged fork sangat cocok terutama untuk membawa balok kayu, attachment ini berisi fix backrest dan tiltable fork. (fork yang bisa ditilt) 





  Blade bucket 
Blade bucket dilengkapi dengan  blade yang bisa membuka menutup,  tilted up and tilt down. Sesuai untuk membawa material curah seperti:  pupuk, makan ternak dan lain-lain. 




  Push-pull 
Pusher dilengkapi dengan standar fork dan peralatan dorong.Banyak digunakan di warehouse atau station/ terminal  untuk mengangkat kapas,batua atau material curah digunakan sebagai bulldozer/mendorng batu ke tempat yang rendah atau dump area. 






  Rotating clamp 
Rotating clamp tipe swing arm terdiri atas arm pendek, fix arm, swing arm, dirancang  untuk penggunaan  clamp secara luas. Attachment ini  sangat sesuai untuk mengangkat &memindahkan  paper rolls pada  paper mill, printing house ataupun warehouse. 




Power Train 

  Forklift diesel/gasoline 


1.  Engine 
2.  PTO case 
3.  Pump drive 
4.  Hydraulic pump 
5.  Torque converter 
6.  Torqflow transmission 
7.  Clutch 
8.  Transmission 
9.  Carrier 
10. Differential 
11. Front axle 
12. Wheel brake 
13. Brake drum 
14. Front wheel 









  Forklift battery 




1.  Front wheel 
2.  Brake drum 
3.  Brake 
4.  Front axle 
5.  Differential 
6.  Transfer 
7.  Drive motor 
8.  Drive gear 
9.  Driven gear 













Kode Model Pada Forklift

Berikut keterangan mengenai arti kode pada forklift Komatsu. 

























GLOSARIUM
Blade     : merupakan salah satu perlengkapan kerja (work equipment) yang tersedia pada sebuah Bulldozer dan Motor Grader yang berfungsi untuk mendorong, meratakan dan memotong material. 
Bucket      : perlengkapan kerja yang dipasang pada sebuah alat dan berfungsi untuk menggali(digging) dan memuat (loading) material tanah, batu, kayu dan lain-lain.
Bulldozer      : sebuah traktor rantai (crawler tractor) yang berguna untuk pekerjaan menggali,menggusur, mendorong tanah atau material dan menarik  log atau  portable camp yang dapat dioperasikan di berbagai medan. 
Bomag compactor       : salah satu produk dari Bomag yang berfungsi untuk pemadatan jalan. 
Crane       : sebuah alat yang digunakan untuk memindahkan barang. 
Crawler  tractor        : sebuah mesin yang menggunakan roda rantai untuk bergerak dan mempunyai tenaga besar dengan fungsi utamanya adalah menarik dan mendorong. 
Dump truck        : sebuah alat pengangkut material dari jarak sedang  hingga jauh, dimana material yang dibawa dapat diisikan oleh Excavator, Wheel Loader, maupun Shovel. 
Engine        : salah satu komponen utama pada sebuah alat berat yang berfungsi sebagai sumber tenaga. 
Forklift        : suatu alat yang terdiri dari badan (body) dan perlengkapan kerja (work equipment) yang digunakan untuk memuat (loading) dan menurunkan muatan (unloading), terutama pada daerah yang sempit. 
Hydraul ic Excavator       : merupakan alat serba guna yang dapat digunakan untuk menggali tanah (digging), memuat material ke dump truck (loading), mengangkat material (lifting), mengikis tebing (scraping), meratakan (grading), dan memecah batu (breaking).
Gambaran umum alat  (general view )       : merupakan gambaran luar dari sebuah alat yang dapat membedakan antara alat yang satu dengan alat yang lain. 
Genset       : alat untuk merubah energi mekais menjadi energi listrik. 
Grapple       : merupakan salah satu peralatan yang dipasang pada bagian depan wheel loader, seperti halnya bucket. Grapple ini digunakan untuk memuat kayu atau material yang sejenisnya.  
Power train       : susunan penyaluran daya dan putaran pada sebuah alat. 
Motor Grader        : sebuah traktor roda dengan dilengkapi peralatan kerja (work equipment) berupa blade scrifier, dan ripper yang fungsi utamanya untuk membuat jalan. 
Ripper       : merupakan peralatan yang berbentuk taji yang terpasang pada bagian belakang dari sebuah Bulldozer yang berfungsi untuk memecah batu atau material tanah yang keras menjadi bongkahan-bongkahan kecil sehingga memudahkan untuk digusur. 
Scarifier      : perlengkapan kerja pada Motor Grader yang digunakan untuk menggali material-material keras seperti aspal atau lapisan es yang tidak mampu digali dengan menggunakan blade. 
Susunan produk (product line)       : merupakan susunan produk-produk yang telah dibuat oleh produsen alat. 
Tilt Cylinder       : Sebuah  hydraulic cylinder yang berfungsi untuk menggerakkan  blade dengan posisi miring pada salah satu sisi. 
Towing winch       : gulungan kawat baja yang diletakkan pada bagian  belakang bulldozer yang berfungsi sebgai alat untuk menarik kayu, mesin, portable camp, dan lain-lain. 
Wheel Loader        : traktor dengan roda karet yang dilengkapi dengan  sebuah perlengkapan kerja, yaitu bucket yang berfungsi untuk menggali (digging), membawa (carrying),dan memuat (loading).  
Valmet forw arder        : salah satu produk Valmet yang berfungsi untuk mengangkut batang-batang kayu hasil potongan. 
Valmet Harvester         : salah satu produk valmet yang berfungsi untuk menebang pohon,memotong, mengupas kulit kayu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar