Jumat, 18 Agustus 2017

Pengenalan dasar alat berat.

hii sobat pembaca.. sebagai awal pengenalan alangkah lebih baik kalau sobat pembaca tau dulu tentang alat berat secara luas.wokeyy
nah.... Apa itu Alat berat?
 Alat berat adalah Alat yg digunakan manusia untuk membantu melakukan pekerjaan berat seperti mengaspal jalanan, menambang, dan sebagainya. Tujuan dari penggunaan alat-alat berat tersebut adalah untuk memudahkan manusia dalam mengerjakan pekerjaannya, sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai dengan lebih mudah dengan waktu yang relatif lebih singkat.

 Jenis-Jenis Alat Berat :

  1. Loading Equipment adalah Alat berat yg biasa digunakan 
  2. untuk Menggali dan Mengangkut Ke pembawa Material. contohnya : excavator dan wheel loader
  3. Hauling Equipment yaitu alat berat yang di gunakan untuk mengangkut material dari loading area ke dumping area.  contohnya : Heavy dump truck,articulated dump truck
  4. Heavy support equipment adalah alat berat yang digunakan untuk membantu pekerjaan dari area loading hingga area dumping ,bisa berupa membersihkan jalan membantu Penumpukan material dsb. contohnya bulldozer,crane.forklif,Bomag dsb
Heavy Dump Truck

Bulldozer

Heavy Dump Truck Mekanikal Articulated

Excavator

Wheel Loader
Untuk lebih rinci mengenai pengenalan Produk ,,silahkan ikuti terus postingan dari ane gan.

GLOSARIUM
Blade     : merupakan salah satu perlengkapan kerja (work equipment) yang tersedia pada sebuah Bulldozer dan Motor Grader yang berfungsi untuk mendorong, meratakan dan memotong material. 
Bucket      : perlengkapan kerja yang dipasang pada sebuah alat dan berfungsi untuk menggali(digging) dan memuat (loading) material tanah, batu, kayu dan lain-lain.
Bulldozer      : sebuah traktor rantai (crawler tractor) yang berguna untuk pekerjaan menggali,menggusur, mendorong tanah atau material dan menarik  log atau  portable camp yang dapat dioperasikan di berbagai medan. 
Bomag compactor       : salah satu produk dari Bomag yang berfungsi untuk pemadatan jalan. 
Crane       : sebuah alat yang digunakan untuk memindahkan barang. 
Crawler  tractor        : sebuah mesin yang menggunakan roda rantai untuk bergerak dan mempunyai tenaga besar dengan fungsi utamanya adalah menarik dan mendorong. 
Dump truck        : sebuah alat pengangkut material dari jarak sedang  hingga jauh, dimana material yang dibawa dapat diisikan oleh Excavator, Wheel Loader, maupun Shovel. 
Engine        : salah satu komponen utama pada sebuah alat berat yang berfungsi sebagai sumber tenaga. 
Forklift        : suatu alat yang terdiri dari badan (body) dan perlengkapan kerja (work equipment) yang digunakan untuk memuat (loading) dan menurunkan muatan (unloading), terutama pada daerah yang sempit. 
Hydraul ic Excavator       : merupakan alat serba guna yang dapat digunakan untuk menggali tanah (digging), memuat material ke dump truck (loading), mengangkat material (lifting), mengikis tebing (scraping), meratakan (grading), dan memecah batu (breaking).
Gambaran umum alat  (general view )       : merupakan gambaran luar dari sebuah alat yang dapat membedakan antara alat yang satu dengan alat yang lain. 
Genset       : alat untuk merubah energi mekais menjadi energi listrik. 
Grapple       : merupakan salah satu peralatan yang dipasang pada bagian depan wheel loader, seperti halnya bucket. Grapple ini digunakan untuk memuat kayu atau material yang sejenisnya.  
Power train       : susunan penyaluran daya dan putaran pada sebuah alat. 
Motor Grader        : sebuah traktor roda dengan dilengkapi peralatan kerja (work equipment) berupa blade scrifier, dan ripper yang fungsi utamanya untuk membuat jalan. 
Ripper       : merupakan peralatan yang berbentuk taji yang terpasang pada bagian belakang dari sebuah Bulldozer yang berfungsi untuk memecah batu atau material tanah yang keras menjadi bongkahan-bongkahan kecil sehingga memudahkan untuk digusur. 
Scarifier      : perlengkapan kerja pada Motor Grader yang digunakan untuk menggali material-material keras seperti aspal atau lapisan es yang tidak mampu digali dengan menggunakan blade. 
Susunan produk (product line)       : merupakan susunan produk-produk yang telah dibuat oleh produsen alat. 
Tilt Cylinder       : Sebuah  hydraulic cylinder yang berfungsi untuk menggerakkan  blade dengan posisi miring pada salah satu sisi. 
Towing winch       : gulungan kawat baja yang diletakkan pada bagian  belakang bulldozer yang berfungsi sebgai alat untuk menarik kayu, mesin, portable camp, dan lain-lain. 
Wheel Loader        : traktor dengan roda karet yang dilengkapi dengan  sebuah perlengkapan kerja, yaitu bucket yang berfungsi untuk menggali (digging), membawa (carrying),dan memuat (loading).  
Valmet forw arder        : salah satu produk Valmet yang berfungsi untuk mengangkut batang-batang kayu hasil potongan. 
Valmet Harvester         : salah satu produk valmet yang berfungsi untuk menebang pohon,memotong, mengupas kulit kayu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar