Sabtu, 19 Agustus 2017

Mengenal Hydraulic Excavator

hii sobat pembaca,,pada episode kali ini ane akan bahas mengenai alat berat yang keren abiisss deh ..apakah ituuuuuuuu????langsung sikat aja ya sob,,ntar pada ngantuk lagi klo ane nambahin tulisan...

Nama alat tersebut adalah,,,,treng treng trengggg....HYDRAULIC EXCAVATOR..

WHATTTT THIIIISSS???

Hydraulic excavator merupakan alat serba guna yang  dapat digunakan untuk menggali tanah(digging), memuat material ke dump truck (loading), mengangkat material (lifting), mengikis tebing(scraping), dan meratakan (grading). Dengan menggunakan kombinasi penggantian alat kerja (work equipment), maka dapat digunakan untuk memecah batu (breaking), membongkar aspal, dan lain-lain.Konstruksi hydraulic excavator terdiri atas dua bagian, yaitu bagian atas (upper structure) dan bagian bawah (lower structure). Bagian atas dari hydraulic excavator dapat berputar (swing) sebesar 3600.Dengan konstrusi yang sedemikian rupa, maka alat ini dapat beroperasi sangat lincah untuk 
penggalian dan pemindahan tanah pada area yang sempit.
Hydraulic Excavator PC 2000-8

Susunan Produk Hydraulic Excavator 

Terdapat 4 (empat) tipe hydraulic excavator, yaitu:  hydraulic excavator (back hoe), MSRX (minimal swing radius excavator), hydraulic excavator (loading shovel), hydraulic excavator (wheel type). 

  Hydraulic excavator (back hoe)  



















  MSRX (minimal swing radius excavator) 






  Hydraulic excavator (loading shovel) 







  Hydraulic excavator (wheel type) 




Gambaran Umum Hydraulic Excavator 

Gambaran umum sebuah hydraulic excavator Komatsu ditunjukkan melalui contoh berikut ini.

1.  Bucket 
2.  Bucket cylinder 
3.  Arm 
4.  Arm cylinder 
5.  Boom 
6.  Boom cylinder 
7.  Sprocket 
8.  Track frame 
9.  Track shoe 
10.  Idler 


Perlengkapan Kerja 

Berikut ini akan diberikan contoh dari berbagai macam tipe bucket, boom, arm, dan perlengkapan
kerja lainnya yang biasa digunakan pada sebuah hydraulic excavator.Bucket merupakan perlengkapan yang terdapat pada sebuah hydraulic excavator. Fungsi utama bucket  pada hydraulic excavator adalah untuk menggali (digging) dan memuat (loading) material tanah, batu, kayu dan lain-lain. Berikut ini ditunjukkan berbagai macam tipe dari  bucket yang digunakan pada hydraulic excavator. 



  Ripper Bucket 
Ripper bucket sangat cocok digunakan untuk bekerja di daerah bebatuan atau tanah liat, dimana bucket biasa tidak mampu bekerja secara optimal.Pekerjaan loading juga dapat  menggunakan bucket seperti ini. 






  Trapezoidal bucket 
Trapezoidal bucket sangat baik digunakan untuk pembuatan saluran air(drainase) atau kanal irigasi. 






  Slope finishing bucket 
Dengan konstruksi bucket yang sedemikian rupa, bucket ini cocok sekali digunakan untuk pembuatan slop saluran kanal irigasi atau sungai. 





  Ditch cleaning bucket 
Sangat cocok digunakan untuk pengerukan lumpur pada  parit atau sungai.Bucket ini memiliki lubang-lubang kecil yang berfungsi untuk mengeluarkan air, sehingga material-material keras saja yang dikeruk. 





  Singel-shank ripper & three-shank rippers 
single-shank ripper ini digunakan untuk mencabut batu. Juga efektif digunakan untuk mencabut akar pohon. Three-shank rippers sangat efektif digunakan untuk mencabut batu pada slope ,menggali, menghancurkan permukaan beton dan mencabut akar pohon.



  Clamshell bucket 
Clamshell bucket digunakan untuk penggalian dengan arah tegak lurus. 






Boom  dan Arm  juga merupakan bagian dari perlengkapan kerja pada sebuah hydraulic excavator.Berikut ini adalah beberapa tipe boom dan arm yang digunakan pada hydraulic excavator. 


  Extension arm 
Dipasangkan pada arm standard untuk jangkauan yang  lebih 
panjang. 



  Short arm 
Short arm merupakan salah satu kelengkapan pada hydraulic excavator yang digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan dengan area terbatas. 



  Standard length arm 
Standard length arm merupakan arm standard yang digunakan pada
excavator. 




  Long arm & super long front 
Long arm & super long front digunakan untuk memperpanjang jarak jangkauan. 




  Two piece boom 
Two piece boom digunakan untuk memperluas medan kerja,dimana  jika menggunakan standard arm kurang efisien. 





Breaker adalah peralatan yang dipasang pada excavator yang berfungsi untuk memecah batu.Breaker di pasang pada bagian depan dari arm (menggantikan bucket)





Power Train 

Berikut ditunjukkan power train dari unit hydraulic excavator PC200-7.

Power train Hyd Excavator PC200-7

1.  Idler 
2.  Center swivel joint 
3.  Control valve 
4.  Final drive 
5.  Travel motor 
6.  Hydraulic pump 
7.  Engine 
8.  Travel speed solenoid valve 
9.  Swing brake solenoid valve 
10. Swing motor




Kode Model Pada Hydraulic Excavator 

Seperti halnya dengan alat-alat Komatsu lainnya, kode alat untuk hydraulic excavator mempunyai arti masing-masing, sebagai contoh, berikut ini adalah arti kode untuk hydraulic excavator PC200-7 LC. 















GLOSARIUM
Blade     : merupakan salah satu perlengkapan kerja (work equipment) yang tersedia pada sebuah Bulldozer dan Motor Grader yang berfungsi untuk mendorong, meratakan dan memotong material. 
Bucket      : perlengkapan kerja yang dipasang pada sebuah alat dan berfungsi untuk menggali(digging) dan memuat (loading) material tanah, batu, kayu dan lain-lain.
Bulldozer      : sebuah traktor rantai (crawler tractor) yang berguna untuk pekerjaan menggali,menggusur, mendorong tanah atau material dan menarik  log atau  portable camp yang dapat dioperasikan di berbagai medan. 
Bomag compactor       : salah satu produk dari Bomag yang berfungsi untuk pemadatan jalan. 
Crane       : sebuah alat yang digunakan untuk memindahkan barang. 
Crawler  tractor        : sebuah mesin yang menggunakan roda rantai untuk bergerak dan mempunyai tenaga besar dengan fungsi utamanya adalah menarik dan mendorong. 
Dump truck        : sebuah alat pengangkut material dari jarak sedang  hingga jauh, dimana material yang dibawa dapat diisikan oleh Excavator, Wheel Loader, maupun Shovel. 
Engine        : salah satu komponen utama pada sebuah alat berat yang berfungsi sebagai sumber tenaga. 
Forklift        : suatu alat yang terdiri dari badan (body) dan perlengkapan kerja (work equipment) yang digunakan untuk memuat (loading) dan menurunkan muatan (unloading), terutama pada daerah yang sempit. 
Hydraul ic Excavator       : merupakan alat serba guna yang dapat digunakan untuk menggali tanah (digging), memuat material ke dump truck (loading), mengangkat material (lifting), mengikis tebing (scraping), meratakan (grading), dan memecah batu (breaking).
Gambaran umum alat  (general view )       : merupakan gambaran luar dari sebuah alat yang dapat membedakan antara alat yang satu dengan alat yang lain. 
Genset       : alat untuk merubah energi mekais menjadi energi listrik. 
Grapple       : merupakan salah satu peralatan yang dipasang pada bagian depan wheel loader, seperti halnya bucket. Grapple ini digunakan untuk memuat kayu atau material yang sejenisnya.  
Power train       : susunan penyaluran daya dan putaran pada sebuah alat. 
Motor Grader        : sebuah traktor roda dengan dilengkapi peralatan kerja (work equipment) berupa blade scrifier, dan ripper yang fungsi utamanya untuk membuat jalan. 
Ripper       : merupakan peralatan yang berbentuk taji yang terpasang pada bagian belakang dari sebuah Bulldozer yang berfungsi untuk memecah batu atau material tanah yang keras menjadi bongkahan-bongkahan kecil sehingga memudahkan untuk digusur. 
Scarifier      : perlengkapan kerja pada Motor Grader yang digunakan untuk menggali material-material keras seperti aspal atau lapisan es yang tidak mampu digali dengan menggunakan blade. 
Susunan produk (product line)       : merupakan susunan produk-produk yang telah dibuat oleh produsen alat. 
Tilt Cylinder       : Sebuah  hydraulic cylinder yang berfungsi untuk menggerakkan  blade dengan posisi miring pada salah satu sisi. 
Towing winch       : gulungan kawat baja yang diletakkan pada bagian  belakang bulldozer yang berfungsi sebgai alat untuk menarik kayu, mesin, portable camp, dan lain-lain. 
Wheel Loader        : traktor dengan roda karet yang dilengkapi dengan  sebuah perlengkapan kerja, yaitu bucket yang berfungsi untuk menggali (digging), membawa (carrying),dan memuat (loading).  
Valmet forw arder        : salah satu produk Valmet yang berfungsi untuk mengangkut batang-batang kayu hasil potongan. 
Valmet Harvester         : salah satu produk valmet yang berfungsi untuk menebang pohon,memotong, mengupas kulit kayu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar